Organisasi, Menegement, Administrasi BK

  1. A.    Latar Belakang Organisasi, Menegement, Administrasi BK

Menurut Drs. H.M Arifin, M.Ed., bimbingan konseling agama adalah segala kegiatan yang dlakukan oleh seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan rohaniah dalam lingkungan hidupnya agar orang tersebut mampu mengatasinya sendiri karena timbul kesadaran dan penyeraha diri terhadap kekuasaaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga timbul pada diri pribadinya suatu cahaya harapan kebahagiaan hidup masa sekarang dan masa depannya.

Dan dalam menunjang kesuksesan konseling perlunya aspek organisasi, managemen dan administrasi yang dalam pengaplikasianya.

  1. Organisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna  kesatuan yg terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.  James L. Gibson c.s menyatakan bahwa Organisasi-organisasi merupakan entitas-entitas yang memungkinkan masyarakat mencapai hasil-hasil tertentu, yang tidak mungkin di laksanakan oleh individu-individu yang bertindak secara sendiri. Pengorganisasian dalam Bimbingan dan konseling berarti suatu bentuk kegiatan yang mengatur kerja, prosedur kerja, dan pola kerja atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Maka oleh karena itu pihak manajemen perlu menetapkan tugas-tugas apa yang perlu di laksanakan, siapa yang harus melaksanakannya, dan siapa yang akan mengambil keputusan-keputusan tentang tugas itu.Dalam dunia nyata, banyak kondisi mempengaruhi bagaimana pengorganisasian itu dilaksanakan.
  2. Managemen, Sugiyo (36: 2011) menjelaskan bahwa manajemen bimbingan dan konseling merupakam salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh konselor. Hal tersebut dikarenakan dalam kegiatannya seorang konselor harus merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan bimbingan dan konseling. Melalui perencanaan yang baik akan memperoleh kejelasan arah pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling serta memudahkan untuk mengontrol kegiatan yang dilaksankan. Manajemen bimbingan dan konseling yang terarah dan sistematis merupakan manifestasi dan akumulasi pelayanan bimbingan dan konseling sehingga merupakan salah satu indikator kerja konselor. Selanjutnya dengan manajemen bimbingan dan konseling yang sistematis dan terarah yang baik pada gilirannya akan memberikan panduan pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling sekaligus menghilangkan kesan bahwa konselor bekerja sifatnya isedental dan bersifat kuratif semata – mata. Sehubungan dengan konsep manajemen maka penerapan atau implementasi manajemen bimbingan dan konseling merupakan salah satu manifestasi suatu kegiatan yang sistematis tentang bagaimana merencanakan suatu aktifitas bimbingan dan konseling, bagaimana menggerakkan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi bimbingan dan konseling untuk mencapai tujuan, mengawasi bagaimana kegiatan bimbingan dan konseling berjalan dan menilai kegiatan bimbingan dan koseling.
  3. Pengertian administrasi menurut etimologi. Berasal dari kata latin ad dan ministrate yang berarti melayani atau membantu, dan memenuhi. Dari kata itu terbentuk kata benda administration dan kata sifat administrativus yang kemudian masuk kedalam bhassa inggris administration. Perkataan itu lalu diterjemahkakn kedalam bahsa Indonesia yaitu administrasi usaha dan kegiatan yg meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Sedangkan administrasi dalam arti sempat diambil dari bahasa Belanda administratie yang berarti setiap penyusunan keterangan-keterangan secara sistematis dan pencatatannya secara tertulis dengan maksud untuk memperoleh suatu ikhtisar mngenai keterangan-ketrangan itu dalam keseluruhannya dan dalam hubungannya antara satu sama lain. Sedangkan dalam arti luas administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atu lebih yang didasarkan asas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dan dalam bimbingan konseling mempunyai administrasi yang biyasanya disusun oleh konselor untuk menyempurnakan tugasnya, diantaranya cover, kartu konseling, MGP BK, MGP kode etik konselor, MGP kelas X, MGP kelas XI, MGP kelas XII, Modul 1, Modul 2, Modul 3, Modul 4, ,Rencana Kegiatan Layanan, Silabus dan Penilaian, Silabus, Uraian Program, Satuan Layanan, Analisis Kebutuhan BKBelajar Lengkap, Karir  Lengkap, Pribadi Lengkap, Sosial Lengkap, Karier TP 789, Belajar TP 789, Pribadi TP 789, , Sosial TP 789, Bimbingan Belajar 456, Bimbingan Karir 456, Bimbingan Pribadi 456,. Bimbingan Sosial 456, Format Penyusunan Program, leaflet, Materi TP 1, Silabus KBK, Tugas kuesioner negatif.

 

  1. B.     Urgensi Organisasi, Menegement, Administrasi BK

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan manajemen agar tercapai efisiensi dan efektivitas serta tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, setidaknya ada 3 alasan mengapa Organisasi, Menegement, Administrasi BK diperlukan termasuk dalam dunia pelayanan bimbingan dan konseling, yaitu pertama, untuk mencapai fungsi bimbingan konseling. Kedua, untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan (apabila ada). Manajemen diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan apabila ada yang saling bertentangan dari pihak-pihak tertentu Ketiga, untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar atau merupakan perhitungan rasio antara keluaran (output) dengan masukan (input). Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 http//.www.budifilo.wordpress.com.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Organisasi, Menegement, Administrasi BK

  1. widyanto says:

    tanks bro,,,,Izin copas ya!!! sukses selalu!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s